top of page
Hi There

I'm Dana! I cook simple, delicious recipes with three simple rules: I use only 1 bowl, up to 10 ingredients, and take just 30 minutes or less to prepare. Bon Appetit!

More >
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Pinterest Icon
  • Grey YouTube Icon
  • Grey Instagram Icon

food blog

BEST

Excellence Award

2023

Order My Cookbook 
APPETIZING
ADVENTURES
-
COOKBOOK
Get All the New Recipes to Your Inbox

Join our mailing list

Never miss an update

Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.

Perhiasan Perak Anda Menghitam? Inilah Penyebab nya


Sebagai seorang yang menggemari segala jenis perhiasan, pernah kah anda membeli perhiasan perak dan memakai nya di tubuh anda, kemudian perhiasan perak tersebut berubah menjadi kusam? Mayoritas orang – orang yang masih awam dengan perhiasan perak pasti akan punya pikiran yang buruk tentang penjual perhiasan perak tersebut. Jangan - jangan perhiasan yang dia jual adalah perhiasan palsu ? Ini pasti perak campuran ? Ini pasti perak di campur monel ? Dan prasangka – prasangka buruk lain nya. Hal – hal yang seperti itu adalah sebuah pertanyaan yang sangat wajar di kalangan masyarakat awam yang belum tau tentang perhiasan dari perak. Fakta nya, perhiasan – perhiasan yang di buat dari bahan perak memang mempunyai sifat yang seperti itu. Ada banyak sekali faktor - faktor yang membuat perak jadi hitam dan kusam.

Menurut penuturan seorang pengrajin perak dan juga emas yang cukup terkenal di Kota Batu Malang yang bernama Budi Eko Widodo, perak memang mempunyai kecenderungan akan menjadi hitam apabila yang memakai nya sering berada di tempat – tempat yang kotor. " Semua hal tentang perhiasan itu tergantung dari yang memakai nya. Tak ada istilah perak yang palsu. Apa bila cincin perak contoh nya di pakai oleh orang – orang yang sehari – hari nya bekerja di sawah, dan yang satu nya lagi bekerja di kantoran, ya sudah jelas sekali yang bekerja di kantoran akan lebih awet " ujar nya.

Nah, sekarang ini kita akan sedikit mengupas hal – hal apa saja yang beresiko membuat perhiasan – perhiasan perak jadi kusam dan hitam. Berikut penjelasan lebih jelas nya :

  • Sebelum nya anda wajib tahu bahwa logam perak adalah logam yang cukup rapuh di banding kan dengan logam – logam yang lain pada umum nya. Pada logam perak ini sendiri dapat dengan cepat muncul noda - noda, bercak, atau goresan. Dalam situasi yang standart, perak ialah sebuah logam lunak yang mempunyai lapisan logam yang mengkilap. Akan tetapi perak akan memudar di kala bersentuhan langsung dengan senyawa keras seperti belerang. Oleh karena itu, jikalau anda memakai perhiasan dari bahan perak, jangan terlalu sering terkontaminasi dengan bahan - bahan yang banyak mengandung belerang. Ada beberapa bahan - bahan makanan yang juga mengandung belerang, antara lain telur, bawang putih, daging merah, makanan – makanan dari laut, dan asparagus. Ada baik nya supaya anda menghindari bersentuhan langsung dengan benda - benda itu. Lain dari pada itu, laki - laki yang lebih akrab di sapa Pak Widodo ini sendiri menerangkan bahwa jangan sering – sering memakai perhiasan perak untuk bergesekan dengan logam – logam lain seperti emas dan yang lain. Lebih - lebih lagi dengan logam – logam yang mempunyai tingkat kekerasan di atas perak. Hal Ini bertujuan untuk menghindari baret atau goresan sampai akhir nya menjadi kusam dan hitam.

  • Hal lain yang membuat perak menjadi cepat kusam dan hitam lain nya ialah terkontaminasi oleh senyawa kimia H2O2 atau yang sering di sebut hidrogen peroksida. Senyawa ini sendiri mempunyai sifat oksidator yang sangat kuat. Tak memiliki warna dan memiliki aroma yang agak asam serta larut dengan baik jika berada di dalam air. Hidrogen peroksida atau H2O2 ini sendiri pada umum nya di pakai untuk memutihkan baju, menghilangkan jamur - jamur pada kulit, dan juga ada di dalam tiap tubuh manusia. Peran H2O2 ini sendiri di tubuh manusia ialah melawan infeksi yang di sebabkan oleh bakteri. Akan tetapi apa bila terkena kulit dalam jumlah yang besar akan mengakibatkan iritasi yang fatal. Umum nya, senyawa hidrogen peroksida ini juga banyak diaplikasikan sebagai obat untuk berkumur. Oleh karena itu, ada baik nya perhiasan perak anda jangan berhubungan langsung dengan senyawa jenis ini supaya perhiasan perak anda tidak gampang kusam dan menghitam.

  • Yang terakhir adalah peluh atau keringat manusia itu sendiri. Peluh atau keringan tiap manusia mempunyai kadar keasaman yang bermacam - macam. Inilah hal yang membuat kadang - kadang ada seseorang yang menggunakan perhiasan perak selama bertahun – tahun akan tetapi tak pernah hitam, padahal ada juga sebagian orang justru perak nya lansgung kusam dan hitam pasca di gunakan hanya beberapa hari saja. Seperti yang sudah kita tahu sebelum nya, peluh atau keringan yang di produksi oleh tubuh kita akan bertemu dengan kuman dan bakteri di permukaan kulit. Kuman dan bakteri melakuka penguraian kandungan lemak dan juga protein dalam peluh atau keringat kita sehingga mewujudkan senyawa asam pada keringat kita. Kadar asam yang sangat tinggi, bisa saja menjadi penyebab perak jadi kusam dan menghitam. Lain daripada itu, walaupun keringat memiliki kadar asam yang rendah akan tetapi apa bila adalah tipe orang yang mempunyai peluh atau keringat yang berlebih pasti nya perhiasan perak anda pun akan tetap cepat menjadi kusam dan hitam. Banyak orang – orang menyebut nya dengan “ alergi perak “.

Itu tadi merupakan penyebab - penyebab kenapa perhiasan yang di buat dari bahan – bahan perak dapat berubah warna jadi hitam dankusam. Bukan karena perak tersebut palsu, akan tetapi hal – hal tersebut di sebab kan karena pemakai nya dan juga pemakaian nya serta faktor – faktor yang lain yang sudah kamu jelas kan di ata tadi. Jadiiiii, Jangan dulu curiga dan punya pikiran buruk tentang si penjual atau pengrajin perak yang anda percaya untuk membuat perhiasan anda.

Metode yang paling gampang untuk meneliti dan membuktaikan apakah itu perak yang murni atau bukan ialah dengan memperhatikan di bagian bawah nya. Pada umum nya akan ada tulisan 925 atau 92.5. Arti dari 925 pada perak itu sendiri mendandakan standar kombinasi keaslian dari perak tersebut yang di akui secara internasional. Ibarat seperti emas, hal itu sama dengan 24 karat. Angka tersebut di ambil dari kandungan 92,5 % perak secara keseluruhan. Umum nya perak yang murni ialah 99,99 %, memang angka nya tak bulat 100 % sebab untuk menjaga supaya perhiasan dari perak tersebut tidak lembek karena pada dasar nya logam seperti emas dan perak adalah logam yang lembek jika belum di campur dengan logam lain.

Itulah tadi penjelasan yang bisa kami berikan. Semoga semua informasi ini bermanfaat untuk anda para penggemar perhiasan dari perak.


bottom of page